Penyebab Angin Duduk

Angin duduk atau angina yaitu satu keadaan yang ditandai dengan nyeri pada dada akibat otot-otot jantung kurang memperoleh supply darah. Terganggunya supply darah ini berlangsung karna ada penyempitan atau pengerasan pada pembuluh darah. Serangan angin duduk dapat berlangsung dengan cara mendadak.

Nyeri dada yang dihadapi oleh pasien angin duduk peluang dapat menyebar hingga ke lengan kiri, leher, rahang, serta punggung. Terkecuali tanda-tanda itu, tanda-tanda angin duduk yang lain yaitu :

Sesak napas.
Badan merasa capek.
Mual.
Pusing.
Gelisah.
Keluarkan keringat terlalu berlebih.
Walau tidak semuanya nyeri dada terkait dengan penyakit jantung, Anda tetaplah mesti siaga. Jumpai dokter bila mendadak Anda rasakan nyeri pada dada, tetapi belum pernah terdiagnosis menanggung derita permasalahan apapun pada jantung. Walaupun tidak semuanya nyeri dada dikarenakan oleh masalah pada jantung, memeriksakan diri ke dokter yaitu langkah yang paling aman.

Penyebabnya Angin Duduk (Angina)
Supaya bisa bekerja dengan baik, jantung memerlukan konsumsi darah yang kaya oksigen dengan cara cukup. Darah untuk organ ini bakal dialirkan lewat dua pembuluh besar yang dikatakan sebagai pembuluh koroner. Angin duduk berlangsung saat pembuluh koroner itu alami penyempitan.
Berdasar pada beberapa hal yang bisa menyebabkan penyempitan pembuluh koroner, angin duduk dibagi jadi tiga type, yakni :

Angin duduk stabil. Kesibukan fisik (umpamanya berolahraga) yaitu penyebab terjadinya keadaan ini. Saat seorang lakukan berolahraga, jantungnya bakal memerlukan semakin banyak konsumsi darah. Konsumsi itu akan tidak terpenuhi bila pembuluh koroner alami penyumbatan atau penyempitan. Serangan angin duduk stabil dapat juga dipicu oleh banyak hal yang lain, seperti merokok, stres, makan terlalu berlebih, serta hawa dingin.
Angin duduk tidak stabil. Keadaan ini bisa dipicu oleh timbunan lemak atau pembekuan darah yang kurangi atau menghambat aliran darah menuju jantung. Tidak seperti angin duduk stabil, nyeri akibat angin duduk tidak stabil bakal tetaplah ada walaupun pasien telah berisitirahat serta konsumsi obat. Bila dilewatkan, serangan angin duduk tidak stabil dapat berkembang jadi serangan jantung.
Angin duduk varian (angin duduk Prinzmetal). Dalam masalah ini arteri jantung menyempit sesaat akibat spasme. Angin duduk varian dapat berlangsung setiap saat, bahkan juga saat seorang tengah beristirahat. Gejalanya kerapkali kronis. Penyempitan sesaat pada arteri mengakibatkan supply darah ke jantung alami penurunan serta timbulah rasa sakit. Walau demikian, tanda-tanda angin duduk varian dapat diredakan dengan obat-obatan.
Beberapa aspek yang bisa tingkatkan resiko terserang angin duduk. Sebagian aspek tersebut di antaranya :
Cholesterol tinggi. Tingginya kandungan cholesterol didalam badan seorang punya potensi menumpuk didalam pembuluh darah. Bila ini berlangsung, sudah pasti darah bakal susah mengalir kedalam jantung.
Mempunyai penyakit diabetes. Tingginya kandungan gula akibat diabetes, bisa mengakibatkan kerusakan dinding arteri. Diluar itu, diabetes dapat juga tingkatkan kandungan cholesterol didalam badan.
Hipertensi. Bila aliran darah terhambat, jantung bakal semakin kuat memompa serta tingkatkan desakan supaya darah itu bisa mengalir. Bila ini selalu berlangsung, jadi desakan tinggi itu bisa mengakibatkan kerusakan dinding arteri atau mengakibatkan pengerasan pada pembuluh itu.


Stres. Waktu kita alami stres, badan bakal menghasilkan beberapa hormon yang bisa mempersempit pembuluh darah. Diluar itu stres dapat juga tingkatkan desakan darah.
Obesitas. Orang yang alami obesitas bakal rawan alami beberapa keadaan yang bisa tingkatkan resiko terserang angin duduk, seperti diabetes, hipertensi, serta cholesterol tinggi.
Merokok. Kesibukan ini bisa mengakibatkan kerusakan dinding arteri serta mengakibatkan penumpukan cholesterol hingga darah bakal kesusahan membawa oksigen untuk diedarkan.
Kisah. Bila kita pernah terserang penyakit yang terkait dengan jantung atau mempunyai keluarga yang mempunyai kisah itu, jadi kita akan berisiko tinggi terserang angin duduk.
Kurang olahraga. Orang yang kurang berolahraga berisiko terserang angin duduk karna bakal rawan pada obesitas, hipertensi, cholesterol tinggi, serta diabetes, yang pada akhirnya bakal tingkatkan resiko terjadinya angina.
Usia. Orang yang berumur lanjut lebih berisiko terserang angin duduk dibanding dengan orang yang masih tetap muda karna pembuluh darah bakal mengeras serta kehilangan kelenturannya bersamaan menambahnya umur. Terlebih untuk pria, penambahan resiko ini diawali pada usia 45 th., sedang pada wanita diawali pada usia 55 th..

Mencegah Angin Duduk (Angina)
Langkah mencegah angin duduk nyaris sama dengan langkah penyembuhan awal angin duduk tanpa ada memakai obat, yakni dengan mengaplikasikan gaya hidup sehat. Terkecuali menghindar terjadinya serangan angin duduk pada beberapa orang yang belum pernah merasakannya, aplikasi gaya hidup sehat dapat juga kurangi tingkat keparahan tanda-tanda angin duduk pada penderitanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s